![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR SISWA KELAS IV SDN 2 KERTASURA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : RINDI ANTIKA
- Identitas : 181641098
- Abstrak :
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media kartu kata bergambar pada siswa kelas IV SDN 2 Kertasura Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart,langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertasura yangberjumlah 28 siswa, Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Objek penelitian iniadalah keterampilan menulis deskripsi melalui media kartu kata bergambar.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknikanalisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 80% siswa telah mencapai KKM yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media kartu kata gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertasura. Pembelajaran dengan cara menggunakan satu gambar berukuran besar dicetak dalam bentuk kartu. Kegiatan diawali dengan siswa mencermati gambar yang ditempel di papan tulis dan mengomentari gambar tersebut. Setelah itu siswa menulis deskripsi pada lembar kerja dan dilanjutkan dengan merevisi tulisan temannya. Kegiatan diakhiri dengan siswa membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil keterampilan menulis deskripsi pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM ada 60%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM ada 22 siswa atau 78,57 dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 85,71. Kata kunci: keterampilan menulis deskripsi, media kartu kata bergambar




