Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SUB TEMA PENGALAMAN MASA KECIL (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas I SDN 2 Kroya Kabupaten Indramayu)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : ULVI AGUSTIN
  • Identitas : 181641102
  • Abstrak :

    Penelitian ini berlatar belakang kreativitas peserta didik masih rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sub tema pengalaman masa kecil. Hal tersebut ditandai oleh rendahnya nilai peserta didik terhadap materi ajar pada saat guru menjelaskan, sehingga guru harus menjelaskan kembali. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran salah satunya adalah dalam proses pembelajaran, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran masih kurang sesuai dengan kondisi peserta didik dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar peserta didik melalui metode inkuiri terbimbing pada sub tema pengalaman masa kecil kelas I SDN 2 Kroya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 2 Kroya Kabupaten Indramayu dengan jumlah peserta didik 26 orang. Waktu pelaksanaan semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil pra siklus tidak ada peserta didik yang hasil belajarnya memenuhi KKM. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas hasil penelitian pada siklus I didapatkan tingkat kreativitas belajar peserta didik sebesar 64% dengan jumlah peserta didik yang tuntas 11 peserta didik, dengan demikian dapat dikatakan tingkat kreativitas belajar peserta didik cukup kreatif. Pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas belajar peserta didik mencapai 77% dengan kategori sangat kreatif dan peserta didik yang tuntas dengan jumlah 26 peserta didik atau tuntas 100%. Dengan demikian, penelitian ini telah memenuhi kriteria keberhasilan penilaian yang telah di tetapkan yaitu seluruh peserta didik telah mencapai nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di kelas I SDN 2 Kroya Kabupaten Indramayu. Kata Kunci : Kreativitas, Inkuiri terbimbing.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional