![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
REALISASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS CHECK-IN COUNTER KEPADA PENUMPANG MASKAPAI SRIWIJAYA AIR
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NAHLA ADELIA
- Identitas : 190210012
- Abstrak :
Penelitian ini mengkaji dan membahas mengenai Realisasi Komunikasi Interpersonal Petugas Check-In Counter Kepada Penumpang Maskapai Sriwijaya Air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana realisasi komunikasi interpersonal petugas check-in counter kepada penumpang maskapai Sriwijaya Air. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Langkah yang penulis lakukan untuk memperoleh serta menganalisis data dan informasi yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara pada divisi check-in counter Maskapai Sriwijaya Air, menguraikan masing-masing indikator penelitian berdasarkan data yang diperoleh, menganalisis data dengan membandingkan dengan keadaan lapangan, kemudian penulis membuat kesimpulan bagaimana pelayanan divisi check-in counter Maskapai Sriwijaya Air dalam meningkatkan kunjungan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa divisi check-in counter Maskapai Sriwijaya Air dalam meningkatkan kunjungan penumpang menerapkan prinsip 3S (senyum, sapa dan salam), menerima kritik, membina hubungan baik kepada penumpang, penumpang adalah raja, dan fokus pada penumpang. Selain itu, divisi check-in counter Maskapai Sriwijaya Air juga sangat menerima kritik maupun keluhan penumpang dan memberi solusi lain yaitu dengan memberikan arahan dengan ramah dan sopan kepada penumpang. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Penumpang, Check-in Counter,, Maskapai Sriwijaya Air




