Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : TIFA DWI MARYANI
  • Identitas : 200210011
  • Abstrak :

    Penerapan konsep e-government yang terjadi pada era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan dalam meningkatkan kegiatan pelayanan publik oleh penyelenggara layanan. Hal tersebut sebagai upaya mengubah proses pemerintahan menjadi platform untuk menciptakan inovasi sosial dan nilai publik sehingga pelaksanaan kegiatan layanan berjalan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam pelayanan publik berbasis e-government di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui proses observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan informan penelitian yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon mengimplementasikan konsep e-government secara sistematis yang dapat dilihat melalui ketersediaan situs website layanan daerah, setiap bagian kerja saling bersinergi, melaksanakan kegiatan evaluasi dan promosi layanan, serta menerapkan kebijakan dan regulasi sebagai strategi dalam percepatan implementasi layanan e-government di Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Hubungan Masyarakat, pelayanan publik, e-government, Kabupaten Cirebon

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional