Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA SD ANDAMUI

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : VERA MULYANA SARI
  • Identitas : 190741002
  • Abstrak :

    Masalah gizi merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan status gizi anak. Menurut riskesdas 2018 di Jawa Barat prevlaensi status gizi anak sangat kurus 2,4%, kurus 6.8%, gemuk 10,8%, dan obesitas 7,2%. Sementara di Kabupaten Kuningan prevalensi gizi kurus dan gemuk mecapai 27,7%. Faktor risiko permasalahan gizi salah satunya adalah pengetahuan gizi yang kurang, sehingga perlunya peningkatan pengetahuan melalui pendidikan gizi dengan metode video. Tujuan : Menganalisis efektivitas pendidikan gizi menggunakan metode video dan ceramah terhadap peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa SD Andamui usia 11 dan 12 tahun. Metodologi : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pre-post with control group design dengan sampel 60 siswa dan siswi dimana masing-masing kelompok 30 sampel, pada kelompok video dan ceramah. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Test, Independent Test dan Mann Withney Test Hasil Penelitian : Tidak perbedaan pengetahuan pre-post test sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi pada kelompok video dan ceramah (>0,05). Rata-rata pengetahuan pada kelompok video sebelum intervensi didapatkan nilai 54,17%, dan meningkat menjadi 76,10% setelah diberikan pendidikan gizi, sementara pada kelompok ceramah sebelum intervensi didapatkan nilai 46,57% dan meningkat menjadi 69,67% setelah diberikan pendidikan gizi. Efektivitas pada kelompok video dan ceramah tidak ada perbedan yang signifikan pada tingkat pengetahuan siswa dan siswi SD Andamui antara kelompok video dan ceramah setelah diberikan intervensi gizi dengan p-value 0,610 (>0,05). Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan gizi seimbang sebelum dan setelah intervensi dengan metode video dan ceramah, didapatkan (p>0,05). Kata Kunci : Gizi seimbang, pengetahuan, edukasi gizi, video, siswa dan siswi

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional