![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR ANAK KELOMPOK A DI KB AISYIYAH LOSARI
- Kategori : Skripsi
- Penulis : DIYAH AYU NURFATHANAH
- Identitas : 180911054
- Abstrak :
Kecenderungan tingkah laku seseorang ketika mempelajari mata pelajaran akademik dikenal dengan sikap belajarnya. Sikap belajar termasuk emosi seperti kesenangan atau ketidaknyamanan, persetujuan atau ketidaksetujuan, suka atau tidak suka dari instruktur, tujuan, sumber daya, dan tugas, antara lain. Salah satu permainan yang yang dapat digunakan dalam meningkatkan sikap belajar anak yaitu permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi permainan ular tangga untuk meningkatkan sikap belajar anak kelompok A di KB Aisyiyah Losari, bagaimana sikap belajar anak setelah diterapkannya media permainan ular tangga di KB Aisyiyah Losari, dan apakah dampak psikologis dalam media permainan ular tangga di KB Aisyiyah Losari. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di KB Aisyiyah Losari. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan bahwa anak kelompok A di KB Aisyiyah Losari setelah diterapkannya media permainan ular tangga dalam proses pembelajaran sikap belajar anaknya mengalami peningkatan, antara lain meliputi: anak mampu memahami isi materi, anak merasa senang ikut serta dalam kegiatan bersama, anak mampu mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan, anak memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama, anak memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli membantu jika diminta bantuan, dan anak mampu bersabar dalam menunggu giliran. Kata Kunci: Sikap Belajar, Media Permainan Ular Tangga, Anak Usia Dini




