Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF JEAN PIAGET DAN IMAM AL-GHAZALI

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : SILVI SITI QORI’AH
  • Identitas : 180911051
  • Abstrak :

    Perkembangan kognitif disebut juga dengan perkembangan intelektual atau intelegensi (kecerdasan). Perkembangan kognitif adalah proses psikologis yang melibatkan proses dalam memperoleh pengetahuan, menyusun dan menggunakan pengetahuan serta kegiatan lain yang diantaranya berfikir, mengingat, memahami, menimbang, mengamati, menganalisis, mengevaluasi dan memecahkan suatu permasalahan melalui interaksi dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (studi pustaka) metode yang digunakan adalah metode analisis isi.Sumber data terbagi menjadi dua yakni, sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh perkembangan kognitif dalam perspektif psikologi menurut Jean Piaget perkembangan kognitif anak berkembangan sesuai dengan tahapan usianya yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap sensorimotor, tahap pra-operasipnal, tahap operasional konkret dan tahap operasional formal. Sedangkan menurut Al-Ghazali kognitif disebut juga dengan akal (‘aql), akal manusia terbagi menjadi dua sesuai dengan potensi dan kadar akal yaitu akar praktis dan akal teoritis. Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Jean Piaget, Imam Al-Ghazali

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional