![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Cilawu Garut)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ZULFA QURROTUL A’YUN
- Identitas : 180911064
- Abstrak :
Di Indonesia Jumlah pengguna Tiktok mencapai 92 juta pada tahun 2022, pengguna terdiri dari berbagai kalangan, termasuk kalangan remaja. Dari macammacam akun yang berada di Tiktok, beberapa diantaranya adalah akun yang memuat konten kajian keislaman. Tiktok yang memiliki berbagai macam fitur-fitur di dalamnya tentu memiliki bermacam dampak terhadap perilaku islami remaja yang menggunakannya dengan intensitas yang tinggi. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif jenis studi kasus ini hadir dengan tujuan untuk mengkaji dampak penggunaan media sosial Tiktok terhadap perilaku keagamaan remaja di SMP Muhammadiyah Cilawu Garut. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada para responden, yaitu 60 siswa dari kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah Cilawu Garut. Responden terdiri atas siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki akun dan menggunakan media sosial tiktok. Data dari hasil kuisioner akan dianalisis secara tematik. Koefisien kolerasi variabel pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap variabel perilaku keagamaan remaja diperoleh nilai koefisien (“r”) kolerasi sebesar 0,763. Hasil nilai Adjusted R Square menunjukan angka sebesar 0,575 atau 57% yang berarti bahwa konstribusi variabel Media Sosial Tiktok terhadap perilaku keagamaan remaja sebesar 57% sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil koefisien korelasi menunjukan besarnya koefisien kolerasi variabel pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap variabel perilaku keagamaan remaja diperoleh nilai koefisien (“r”) kolerasi sebesar -0,763. Nilai koefisien (“r”) kolerasi sebesar -0, 763 menunjukan bahwa adanya kolerasi kedua variabel pada kategori kuat dengan arah hubungan variabelnya yaitu negatif. Kata Kunci : Perilaku keagamaan, Remaja, Pengaruh Media Sosial Tiktok




