![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
MOTIVASI PENGGUNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Abu Khanifah
- Identitas : 180211008
- Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang Motivasi pengguna Second Account Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon. Latar belakang penelitian ini yaitu Second Account Instagram, yaitu akun kedua (bukan akun utama) yang dibuat oleh pengguna Instagram dan digunakan secara aktif dengan maksud dan tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik pengguna Second Account Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 9 orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data interaktif yang terdiri atas data umum, reduksi data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Motivasi Instrinsik pengguna Second Account Instagram di kalangan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammdiyah Cirebon cenderumg menggunakan Second Account Instagram untuk privasinya lalu untuk meng ekspresi diri dan untuk kepuasannya. menunjukan adanya sisi menarik dari Second Account Instagram, adanya emosional sebagai upaya mencari perhatian sekaligus memenuhi kesenangan emosional, serta keinginan akan rasa aman berupa perasaan tenang ketika menggunakan Instagram. 2) Motivasi Ekstrinsik pengguna Second Account Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon cenderung menggunakan Second Account Instagram untuk bisnis, relasi dan agenda tersembunyi, ditunjukan melalui keinginan memperoleh penghasilan dengan menggunakan Second Account Instagram, keinginan menjaga relasi dan keinginan mendapatkan respon pada pengguna lain pada Instagram. Kata Kunci: Motivasi Instrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Mahasiswa, Second Account Instagram




