![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PESAN MORAL DALAM ISLAM PADA IKLAN AQUA: “SAMBUT KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA AQUA” DI INSTAGRAM 2021
- Kategori : Skripsi
- Penulis : CINDI AGUSTIN
- Identitas : 190211055
- Abstrak :
Dalam perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat, dimana peruabahan itu mampu merubah gaya hidup masyarakat dalam menerima informasi. Seperti dalam penerimaan informasi persuasi yaitu iklan, jika dulu informasi yang didapat hanya dari televisi, koran, atau radio, kini iklan bisa ditemui pada jenis media baru yaitu platform sosial media yaitu Instagram. Seperti pada iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di Instagram. Yang dimana iklan secara utuh tayang di Instagram. Pada setiap iklan yang dibuat Aqua selalu memiliki pesan dan maksud yang baik dalam penyampaiannya. Termasuk pada iklan Aqua tersebut yang dimana iklan dengan tema bulan Ramadhan ini memiliki pesan moral didalamnya. Untuk mencari tau pesan moral yang ada pada iklan tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pesan moral pada iklan Aqua: “Sambut Kebaikan Ramadhan Bersama Aqua” di Instagram melalui makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam analisis semiotika menurut Roland Barthes? Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis semiotika Roland Barthes, dengan membagi tanda menjadi makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Pada iklan dengan menampilkan kehidupan penyanyi Raissa dalam beberapa periode waktu dalam momen Ramadhan ini terdapat makna denotasi, konotasi dan mitos. Makna denotasi pada iklan tersebut perjalanan setiap momen bulan Ramadhan yang selalu berbeda bersama Aqua. Makna konotasi pada iklan yaitu waktu terus berjalan dan tidak akan terulang lagi, kesabaran, proses bekerja keras hingga mendapatkan kesuskesan, serta kesetiaan yang ditampilkan bahwa produk air minum Aqua menjadi produk minuman yang selalu ada pada setiap momen. Sedangkan mitosnya yaitu terdaapat pesan moral pada tayangan iklan tersebut. Pesan moral yang ada pada iklan tersebut yaitu berdasarkan tiga kategori hubungan yaitu: hubungan dengan tuhan, beribadah. Hubungan dengan diri sendiri, bertanggung jawab pada diri sendiri, bekerja keras. Sedangkan pada hubungan dengan manusia terdapat pesan moral seperti, tolong menolong, rela berkorban, cinta kasih, silaturahmi. Kata Kunci : Iklan Aqua, Pesan Moral, Semiotika Roland Barthes




