![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Kuantitatif Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Produk “Tepat Pembiayaan” Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Area Suranenggala)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Euis Komalasari
- Identitas : 180211043
- Abstrak :
Loyalitas nasabah merupakan suatu faktor penting bagi suatu perusahaan jasa keuangan agar dapat terus bertahan. Loyalitas mengarah pada pembelian yang berulang, perekomendasian, dan proporsi pembelanjaan yang meningkat. Disamping itu, terdapat banyak pilihan jasa yang dapat mereka gunakan. Nasabah menentukan pilihan berdasarkan persepsi mereka akan kualitas, pelayanan, dan nilai. Konsumen tidak akan mau mempercayakan kebutuhan finansialnya pada suatu lembaga yang tidak dipercaya atau memiliki citra yang buruk. Penelitian ini mengkaji aspek citra merek produk "Tepat pembiayaan" bank BTPN Syariah Area Suranenggala. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah Citra Merek berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah “Tepat Pembiayaan” Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Area Suranenggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uji statistik seluruh prasyarat pengujian regresi linier sederhana memenuhi syarat pengujian. Uji regresi pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah “Tepat Pembiayaan” Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Area Suranenggala didapati hasil nilai R square adalah 0,647 (hal. 66) menunjukkan adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. R square adalah koefisien determinasi linier dengan nilai 0,647 berarti variabel Citra Merek “Tepat Pembiayaan” Syariah memberi pengaruh terhadap Loyalitas Nasabah bank BTPN Syariah Area Suranenggala sebesar 64,7% dan sisanya 35,3% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh t-hitung (10,737) > t-tabel (1,29513) dan sig 0,000 < 0,5 dengan α = 0.1. Hal ini menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel Citra Merek “Tepat Pembiayaan” Syariah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Nasabah bank BTPN Syariah Area Suranenggala. Kata Kunci: Uji Pengaruh, Citra Merek, Loyalitas Nasabah




