![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
STRATEGI KOMUNIKASI FOODGRAM DALAM KONTEN REVIEW KULINER DI INSTAGRAM TV (Studi Analisis SWOT Pada Akun Instagram @kulinercirebon)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : FIRMANSYAH
- Identitas : 170211008
- Abstrak :
Teknologi komunikasi pada saat ini telah mengalami banyak perkembangan yang sangat pesat sehingga memudahkan manusia dalam berkomunikasi, di era globalisasi yang semakin modern masyarakat dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi komunikasi dengan baik dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Instagram sebagai salah satu aplikasi berbagi foto dan video, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai media promosi secara daring (online) sehingga memunculkan pengguna yang diberi julukan foodgram. Akun instagram @kulinercirebon merupakan salah satu foodgram yang menyajikan berbagai macam informasi kuliner yang cukup terkenal dikalangan pemburu kuliner Cirebon, banyak orang yang memanfaatkannya untuk mencari rekomendasi tempat penjual makanan atau minuman di Cirebon dengan jumlah pengikut mencapai 163.000 pengguna Instagram (Maret 2021) membidik penonton dari kalangan masyarakat Cirebon dan wisatawan dari luar Cirebon yang sedang mencari tempat kuliner makanan dan minuman. Strategi komunikasi menjadi sangat penting untuk berkembangnya konten video review kuliner dalam media sosial instagram, strategi yang digunakan dalam konten digunakan untuk menarik jumlah followers dan viewers. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif yang bertujuan untuk melakukan analisis dengan menggunakan teori komunikasi Harold D. Lasswell dan menggunakan analisis swot untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam strategi komunikasi yang digunakan oleh akun instagram @kulinercirebon. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode interview sebagai metode pokok, sedangkan metode lain yang menunjang untuk melengkapi dalam penelitian ini digunakan metode observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Peran akun instagram @kulinercirebon adalah sebagai media penyebarluasan informasi tentang rekomendasi tempat kuliner kepada komunikan untuk meningkatkan penjualan perusahaan atau pelaku usaha kuliner yang telah bekerja sama untuk memasang iklan melalui akun instagram @kulinercirebon. Dalam merumuskan strategi cukup menarik sehingga isi dalam konten instagramnya dapat mudah dipahami oleh penononton sehingga mampu mempengaruhi sikap dari penonton yang tertarik untuk mengunjungi dan mencoba kuliner yang telah direkomendasikannya. Dalam mempromosikan tempat kuliner dalam konten video review kuliner menggunakan Instagram TV, karena Instagram TV dirasa lebih efektif dalam menayangkan video karena dalam penggunaannya lebih bagus dan maksimal. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Instagram, Analisis SWOT




