Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PEMAKNAAN IKLAN VITAGLOW FAIR&LOVELY 2020 DENGAN ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Heri Setiawan
  • Identitas : 170211015
  • Abstrak :

    Penelitian ini membahas tentang pemaknaan dalam iklan Maker Vitaglow Fair&Lovely yang bertujuan untuk mengetahui makna apa yang terdapat dalam iklan tersebut. Dalam iklan ini menggunakan metode penelitian Semiotika John Fiske yang mana terdapat tiga level yaitu level realitas, level representasi dan level ideology. Tujuan pene;itian ini mencari makna yang ada didalam iklan tersebut dengan tiga level tadi level realitas, representasi dan ideology. Perkembangan zaman yang semakin hari semakin berubah dan meluas hingga memberikan dampak yang sangat signifikan di kehidupan manusia. Dari berkembangnya zaman ini sudah pasti akan memberikan berbagai dampak baik itu negatif dan positif. Kritik mengenai zaman globalisasi ini salah satunya dilontarkan oleh seorang filsuf Jerman ternama dan juga seorangpemikir kiri baru yang bernama Herbert Marcuse. Perkembangan zaman yang membuatmasyarakat saat ini berkiblat hanya pada satu dimensi saja yaitu kapitalisme. Kemudian darikejadian ini lahirlah suatu budaya baru yang dinamakan budaya konsumerisme. Sebenarnya ideology tersebut banyak tidak diketahui telah terjadi tanpa kita sadari dalam lingkungan sekitar kita, diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi agar masyarakat tidak terbuai dengan berbagai efek negative yang diberikan oleh arus globalisasi. Kata kunci : level realitas, lever representasi, level ideology, konsumerisme, semiotika, john Fiske

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional