![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI LUWIIH CAFE
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Indiez Azqia Saliha
- Identitas : 190211020
- Abstrak :
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini, bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai bagaimana proses komunikasi interpersonal, model komunikasi dan hambatan dalam proses komunikasi antara barista dan pelanggan dalam meningkatkan pelayanan di Luwiih Cafe. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory) menurut pandangan Jhon Thibaut dan Harold Kelley (1959). Hasil penelitian yang dilakukan dengan wawancara bersama informan dan data pendukung lainnya menunjukkan bahwa: 1) proses komunikasi interpersonal dimulai dengan pemberian greeting oleh barista. 2) etika pelayanan, dan 3) menggunakan konsep service excellent dengan enam unsur yang meliputi kemampuan, attitude, perhatian, tindakan, penampilan dan tanggung jawab. Serta, menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara barista dan pelanggan sangat penting dalam meningkatkan pelayanan. Model komunikasi interaksional digunakan oleh barista dan pelanggan dalam berinteraksi. Jenis pesan verbal dan nonverbal juga berpengaruh dalam proses komunikasi. Hambatan yang terjadi ialah hambatan personal karena adanya kesalahpahaman antara barista dan pelanggan. Serta hambatan teknis terjadi karena adanya noise pada saat barsta dan pelanggan berkomunikasi, dan suara bising disekitar saat mesin kopi bermasalah dapat mempengaruhi hambatan dalam proses komunikasi. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus dari barista dan pelanggan dalam mengatasi hambatan tersebut. Teori Pertukaran Sosial juga menunjukkan bahwa hubungan yang baik antara barista dan pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Barista, Teori Pertukaran Sosial




