![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH BRAND AMBASSADOR IQBAAL RAMADHAN DI IKLAN RUANGGURU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKUN APLIKASI RUANGGURU
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Meilyn Della Danistra
- Identitas : 180211022
- Abstrak :
Brand Ambassador merupakan strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk dapat menarik perhatian dari konsumen. Cara beriklan yang digunakan perusahaan adalah dengan memanfaatkan selebriti maupun bukan selebriti yang di sosial medianya memiliki followers atau pengikut banyak sebagai ikon dari produknya. Sehingga dapat diyakini mampu membangun citra bagi produk yang di iklankan. Brand ambassador merupakan seseorang yang mampu mewakili dari suatu produk atau perusahaan dan dapat berbicara banyak mengenai produk tersebut sehingga dapatmeningkatkan minat beli konsumen. Aplikasi Ruangguru merupakan sebuah perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan yang dimana merupakan aplikasi belajar online yang menyediakan layanan Bimbel (Bimbingan Belajar), dimana akan membantu mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran melalui media online. Iklan merupakan salah satu bentuk dari cara penyampaian berita atau pesan untuk mendorong khalayak ramai agar tertarik pada produk barang atau jasa yang kita tawarkan. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh Brand Ambassador iklan Aplikasi RuangGuru pada keputusan bergabung siswa, dan (2) Seberapa besar pengaruh Brand Ambassador aplikasi RuangGuru pada keputusan bergabung siswa. Populasi dalam sampel penelitian ini merupakan siswa/i SMP N 1 Weru yang merupakan member atau sudah terdaftar pada Aplikasi Ruangguru. Jumlah sampel penelitian mengambil sebanyak 60 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuisioner yang dilakukan melalui link google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adanya pengaruh antara Brand Ambassador (X) terhadap Keputusan Bergabung Siswa (Y), (2) Besaran pengaruh Brand Ambassador (X) terhadap Keputusan Bergabung Siswa (Y) di dapat nilai R Square sebesar 0,279 yang berarti terdapat pengaruh positif signifikan. Kata kunci : Brand ambassador, Keputusan Pembelian, Iklan




