![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA CIBOER PASS
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SEKAR PURI DERMAWANTI
- Identitas : 180211028
- Abstrak :
Internet sangat bermanfaat dalam berbagai bidang pembangunan salah satunya di bidang pariwisata. Dengan hadirnya internet perkembangan pemasaran menjadi lebih maju, media digital marketing merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini banyak digunakan, pemasaran melalui internet ini dinamakan digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi media digital marketing yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Ciboer Pass. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana analisis strategi digital marketing Ciboer Pass yang berpusat pada media sosial Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan matrik SWOT. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pengelola objek wisata Ciboer Pass yang menggunakan marketing mix 4P dan menggunakan menggunakan konsep berupa penentuan platform, produksi konten, monitoring, dan evaluasi. Untuk segi product, price objek wisata Ciboer Pass secara umum sudah melaksanakan strategi sebagaimana teori, tetapi untuk peningkatan dan perbaikan masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi. dari segi place objek wisata Ciboer Pass hanya kesulitan akses jalan untuk kendaraan besar. Promotion yang dilakukan oun masih kurang maksimal hal ini ditandai dengan pasifnya pengelola dalam mempromosikan atau kurangnya metode promosi. Strategi yang dapat digunakan objek wisata Ciboer Pass berdasarkan matrik SWOT yaitu dengan memanfaatkan dukungan pemerintah untuk lebih luas menjangkau wisatawan lokal maupun internasional, memanfaatkan dengan maksimal media sosial selain instagram dan meningkatkan kualitas konten promosi yang diunggah di instagram. Kata kunci: Strategi Media Digital Marketing, Ciboer Pass, Marketing Mix




