Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



KINERJA PEGAWAI KECAMATAN DALAM PELAYANAN PERIZINAN DI KANTOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : NADZIFATUN NADA
  • Identitas : 190221045
  • Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kinerja pegawai kecamatan dalam pelayanan perizinan di kantor Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 25 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menggunakan indikator : Ukuran kinerja pegawai dengan aspek kajian (1) Kualitas kerja masih belum sesuai harapan pengguna layanan, karena kurangnya ketelitian pegawai. (2) Ketepatan waktu cukup baik karena sudah sesuai standar oprasional (SOP). (3) Inisiatif pegawai baik, tentunya setiap pegawai punya ide-ide kreatif. (4) Kemampuan pegawai baik, pegawai memahami dan mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tupoksinya. (5) Komunikasi sudah baik, pegawai memberikan keterbukaan informasi serta kejelasan prosedur pelayanan. Selanjutnya menggunakan indikator kualitas pelayanan publik dengan aspek kajian (1) Bukti fisik (tangibles) belum sesuai dengan harapan pegawai dan penguna layanan, karena ruang pelayanan dan fasilitas di dalamnya kurang memadai. (2) Kehandalan (Reliability) sudah sesuai dengan harapan pengguna layanan, karena pegawai memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan. (3) Daya tanggap (Responsiveness) sudah baik, pegawai langsung menanggapi jika ada permohonan perizinan. (4) Jaminan (assurance) sudah baik, pegawai memberi kepastiaan biaya serta melayani secara menyeluruh dan tuntas. (5) Empati (emphaty) sudah baik, pegawai melayani dengan sopan dan lebih mendahulukan kepentingan pengguna layanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai Kecamatan dalam pelayanan perizinan di kantor Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon yang menggunakan indikator ukuran kinerja pegawai sudah berjalan dengan baik, tetapi kualitas kerja masih belum maksimal karena kurangnya ketelitian pegawai. Dalam hal kualitas pelayanan publik sudah berjalan dengan baik, tetapi masih kurang maksimal karena aspek bukti fisik (tangibles) yang berkaitan dengan kenyamanan ruang pelayanan dan kondisi peralatan masih kurang memadai. Kata Kunci: Kinerja, Pegawai, Pelayanan, Perizinan

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional