![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK KOTA CIREBON TERHADAP KEPUASAN WARTAWAN
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NUR IFANI CHAIRUNISA
- Identitas : 190221066
- Abstrak :
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan informasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon. 2) Untuk mengetahui kepuasaan wartawan atas kualitas pelayanan informasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon. 3) Untuk pengaruh kualitas pelayanan informasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon terhadap kepuasan wartawan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Hal tersebut dikarenakan penelitian ini mencari pengaruh antara dua variabel yaitu kualitas pelayanan informasi dan kepuasan wartawan Dalam penelitian ini populasinya adalah wartawan mitra pemerintah Kota Cirebon. Dalam penelitian ini memakai teknik purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu yaitu wartawan yang berkunjung ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik selama Januari sampai dengan februari yaitu sebanyak 45 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui kualitas pelayanan Informasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wartawan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon. Terlihat angka thitung > ttabel yaitu 22,695 > 0,678. Hasil uji statistik pada variabel kualitas pelayanan Informasi terhadap kepuasan wartawan menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,961 mengindikasikan bahwa hubungan sangat kuat kualitas pelayanan Informasi terhadap kepuasan wartawan. Nilai R Square kualitas pelayanan Informasi 0,923 atau 92,9% artinya bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan informasi terhadap Kepuasan wartawan, sedangkan sisanya 100% - 92,9% = 7,1% adalah variabel di luar penelitian. Berdasarkan analisis variabel Kualitas Pelayanan Informasi mempunyai rata-rata skor sebesar 4,0159 jadi dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap Kualitas Pelayanan Informasi dalam kategori sangat baik karena berada pada interval 4,01-5,00 berdasarkan kriteria penilaian. Variabel Kepuasan wartawan mempunyai rata-rata skor sebesar 4,0325, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap Kepuasan wartawan masuk dalam kategori sangat baik karena berada pada interval 4,01-5,00 berdasarkan kriteria penilaian.




