Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



ASPEK MODALITAS POLITIK DAN PENGGUNAAN MEDIA MASSA DALAM PEROLEHAN SUARA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN CIREBON DAPIL 1 TAHUN 2019

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : SHIDIQ HASANUDIN
  • Identitas : 180221049
  • Abstrak :

    Kompetisi pada arena politik tidak hanya mencakup ruang persaingan antara partai saja namun lebih menonjolkan sosok dari kandidat tersebut seperti ketokohan, popularitas dan moralitas yang tercorak, serta historis latar belakang pendidikan dan pekerjaan. modal politik (political capital), modal sosial (social capital), modal ekonomi (economic capital) serta optimalisasi media massa dalam pemilu, menunjukan pentingnya keempat modal tersebut dalam kemenangan calon legislatif dalam pemilu legislatif. Penelitian menggunakan Pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pemilihan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian Pertama, Modal Politik dengan memperoleh dukungan politik meliputi rekomendasi partai politik dan dukungan elit politik. Selain itu pemasaran program politik dari aktor politik kepada konsituen dan terjadinya umpan balik konsituen menjadi daya tawar aktor politik untuk dipilih serta terciptanya kontrak politik antara aktor politik dengan konsituen. Kedua, Modal sosial ialah memperoleh dukungan masyarakat diwilayah yang dikunjunginya, membangun jaringan sosial berupa hubungan kuat antara basis sosial dan kandidat yang memperoleh kepercayaan oleh lapisan masyarakat, basis kepentingan tertentu. Selain itu, di masa saat ini pengaruh figuritas dan reputasi kandidat di beberapa wilayah masih mempengaruhi kepemilihan kandidat untuk jabatan terpilih. Ketiga, Modal ekonomi dalam kontestasi pemilu berkesinambungan dengan modalitas yang lainnya sehingga modal ini sebagai penunjang ketiga yang mampu menunjang lebih banyak perolehan suara pada pemilu 2019, modal ekonomi ini digunakan untuk mobilitas, fasilitas dan kebutuhan selama kampanye. Asal sumber dana kampanye berasal dari dana mandiri kandidat, dana partisipan, dan dana partai politik. Disisi masyarakatpun masih berpengaruh terhadap money politik untuk menentukan pilihan kandidat calon legislatif pada pemilu 2019. Keempat, Optimalisasi media massa sejauh ini pada pemilihan legislatif 2019 optimalisasi media cetak masih dominan dilakukan sebagai strategi mempromosikan agar menggaet simpati public atau rakyat, sedangkan media sosial kurang dioptimalisasi. Pengaruh media massa dalam menentukan pilihan kandidat caleg pada pemilu 2019 mampu menunjang strategi perolehan suara yang cukup signifikan. Kata Kunci : Modalitas Politik, Penggunaan Media Massa, Pemilihan Legislatif

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional