![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAH KELURAHAN SENDANG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT
- Kategori : Skripsi
- Penulis : WIDI NUGRAHANI
- Identitas : 170221095
- Abstrak :
Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Hakikat pelayanan pada prinsipnya merupakan kewajiban yang diberikan aparatur pemerintah kepada masyarakat. Masih ditemukan beberapa persoalan pelayanan publik kepada masyarakat oleh pemerintah. Salah satu faktor penting pelayanan kepada masyarakat adalah komunikasi dan komunikasi merupakan faktor yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat akan pelayanan pemerintah. Perumusan penelitian adalah bagaimanakah kualitas pelayanan Pemerintah Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, bagaimana kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Pemerintah Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dan bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan adalah 3,94 yang menunjukan Kualitas Pelayanan Pemerintah Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon adalah baik. Rata-rata tertinggi Kualitas Pelayanan adalah Kepastian Biaya. Rata-rata Kepuasan Masyarakat adalah 3,92 yang menunjukan Kepuasan Masyarakat Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon adalah baik. Rata-rata tertinggi kepuasan masyarakat adalah Kedisiplinan Petugas Pelayanan. Berdasarkan uji statistik yang mengukur pengaruh kualitas pelayanan kerja terhadap kepuasan masyarakat mendapatkan hasil perhitungan Adjusted R square adalah koefisien determinasi linier dengan nilai ,087 berarti secara variabel Kualitas Pelayanan memberi pengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Kontribusi pengaruhnya sebesar 87%. Sedangkan sisanya yaitu 13% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan perhitungan diperoleh diperoleh nilai t hitung sebesar 1,035 dengan nilai Sig sebesar 0,3078. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel 0.67700 dan nilai Sig lebih besar daripada 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.




