Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA LOOSE PARTS CANGKANG KERANG PADA KELOMPOK “A” DI RA AL-A’ROF CIREBON TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : AFIYAH TSANI MAHMUDAH
  • Identitas : 180651010
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi, bahwa peserta didik kelompok “A” RA Al-A’rof ada beberapa permasalahan seperti belum menggunakan media looseparts cangkang kerang secara optimal, alat peraga edukatif (APE) masih terbatas, peran guru juga masih kurang memanfaatkan potensi limbah cangkang dalam memberikan stimulus kecerdasan kognitif anak, dan peserta didik kurang mengenal enam aspek PAUD terkait penggunaan media looseparts cangkang kerang. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan kognitif anak sebelum menggunakan media looseparts cangkang kerang pada kelompok “A” di RA AL-A’ROF Cirebon, untuk mengetahui upaya meningkatkan kecerdasan kognitif anak melalui media looseparts cangkang kerang pada kelompok “A” RA Al-A’rof Cirebon dan Untuk mengetahui tingkat kecerdasan kognitif anak sesudah menggunakan media looseparts cangkang kerang pada kelompok “A” di RA Al-A’rof Cirebon. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini pendekatan penelitian tindakan kelas atau yang disingkat dengan PTK (classroom action reseach). Model desain penelinian mengambil desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi dan non tes dengan populasi dan sampel semua anak RA kelompok A yang berjumlah 10 anak tahun ajaran 2021/2022. Hasil Penelitian penggunaan media looseparts cangkang kerang pada kelompok A anak RA AL-A’rof sesudah media looseparts digunakan sebagai pembelajaran di RA Al-A’rof Cirebon dengan ketuntasan minimal (KKM) di atas 70% dan dinyatakan tuntas dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulannya, sebelum penggunaan media looseparts pada kelompok “A” RA Al-A’rof Cirebon sangat rendah, Kedua Siklus I, belum tuntas sebesar 10,83 %, sedangkan nilai ketuntasan sebanyak 89,17 % dan dapat di interprestasikan dengan kategori sangat tinggi ketuntasan minimal. Kedua pada Siklus II dan Siklus III, menunjukan jumlah nilai 100% (seratus prosen) dan 0,00 % (nol prosen) telah melebihi standar minimal KKM pada penilaian seluruhnya tuntas dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Kecerdasan Kognitif anak, media looseparts

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional