![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGHAFAL JUZ AMMA MELALUI METODE PENERAPAN ONE DAY ONE AYAT PADA KELOMPOK B DI TKIT AS SUNNAH KALITANJUNG KOTA CIREBON TAHUN AJARAN 2021/2022
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ALDILA MAUDINA PUSPA
- Identitas : 180651004
- Abstrak :
Dalam penelitian ini, anak kelompok B3 yang dijadikan subjek penelitian. Kelompok B3 di TKIT As-Sunnah Kalitanjung Kota Cirebon berjumlah 12 anak, di didalam proses menghafal dan mengajarkan surat-surat pendek kurang sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan hafalan anak usia 5-6 tahun dikarenakan penggunaan metode yang kurang menarik dan kurang menyenangkan hati si anak tersebut, karena ada beberapa anak yang memiliki kemampuan daya ingat hafalan yang kurang baik, hal ini dapat dibuktikan dengan anak yang susah mengulang kembali hafalannya. Anak masih harus sering dipancing oleh guru dalam mengulang hafalanya. Anak juga susah menambah hafalannya setiap hari karena kondisi yang tidak efektif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal Juz Amma melalui metode penerapan One Day One Ayat. Yang diterapkan dalam kegiatan menghafal tidak hanya mengajak anak untuk menghafal secara monoton dan membosankan tetapi dengan berbagai model dan variasi dari metode ini yang dapat menarik perhatian dan minat anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran menghafal. Jika sebelumnya guru hanya mengajarkan hafalan dengan cara monoton, dalam metode One Day One Ayat anak diajak bermainmain, selain itu adanya penggunaan media papan tulis, media gambar dan media suara agar menambah minat anak dalam menghafal. Hal ini terlihat antusias anak dalam kegiatan menghafal, anak juga lebih cepat mudah dalam menghafalkanya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surat yang di hafalkan oleh anak-anak adalah surat Al-Qodr yang berisikan 5 ayat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, perkembangan kemampuan menghafal anak anak mencapai 57,5% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II peningkatan kemampuan menghafal anak mencapai 77,5%. Presentase keberhasilan sudah mencapai target nilai yaitu 75%, hal ini menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: Kemampuan Menghafal Juz Amma, Metode One Day One Ayat.




