Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



ANALISIS TEORI HIERARKI OF NEEDS ABRAHAM MASLOW TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI LITERATUR)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : AZMIA AULIA RAHMI
  • Identitas : 180651026
  • Abstrak :

    Perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan aspek perkembangan yang berfokus pada kemampuan penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosial. Kurang optimalnya orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak, dapat berdampak pada kehidupan anak dimasa selanjutnya. Hadirnya teori hierarki of needs Abraham Maslow diharapkan dapat menjadi kajian keilmuan baru untuk mengembangkan pengetahuan orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan usia perkembangannya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) bertujuan untuk menganalisis teori hearki of needs Abraham Maslow terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Adapun hasil dari penelitian ini: Pertama, teori hierarki of needs adalah teori motivasi kebutuhan manusia yang terdiri dari lima tingkatan yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa cinta dan rasa memiliki, rasa harga diri serta aktualisasi diri. Apabila tingkatan paling rendah dapat terpenuhi, maka seorang individu mampu memenuhi tingkatan selanjutnya. Kedua, perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan aspek pemerolehan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan merespon apa yang terjadi dilingkungannya melalui penyesuaikan diri dan sosial dari sebuah pengalaman instrintik yang diraihnya. Ketiga, teori hierarki of needs Abraham Maslow dapat diterapkan sejak dini sebagai bentuk optimalisasi pemenuhan kebutuhan anak melalui dorongan lingkungan. Pemberian contoh dan perilaku yang dapat ditiru oleh anak adalah optimalisasi perkembangan sosial emosional anak. Saat kebutuhannya terpuaskan, maka anak mampu bersikap dengan keseimbangan emosi dan dapat mengimitasi pengalaman yang diraihnya sebagai bentuk aktualisasi diri. Anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, anak mampu berempati terhadap orang lain, anak mampu menjalin pertemanan dengan teman sebaya serta anak mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan optimal. Kata kunci: Hierarki of needs, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional