Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI RA AL-A’ROF DESA MUARA KARANG ANYAR KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : DARNIA
  • Identitas : 180651017
  • Abstrak :

    Perkembangan kognitif anak perlu dikembangkan sejak dini. media yang menarik adalah salah satu sarana untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Penggunaan media playdough dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10, membilang banyaknya benda satu sampai sepuluh, mengenal konsep bilangan pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan gambaran awal perkembangan kognitif anak pada kelompok A di RA Al-A’rof Desa muara karang anyar, untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media playdough pada kelompok A di RA Al-A’rof Desa muara karang anyar, untuk mengetahui hasil pembelajaran anak melalui media playdough dalam pengembangan kognitif anak pada kelompok A di RA Al-A’rof Desa muara karang anyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kaloboratif dengan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, yaitu datanya di analisis secara Deskriptif kualitatif Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A, terdiri dari 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, perkembangan kognitif anak mencapai 62,5% dengan kreteria Berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media pladough mencapai 82,5% dengan kreteria berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci : perkembangan kognitif anak, media playdough

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional