![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MIFTAHUL JANNAH WIDASARI
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ERNA NURJAYANTI
- Identitas : 190651031
- Abstrak :
Penulis melaksanakan penelitian ini dilatar belakangi bahwa Bahasa merupakan bagian penting dalam berkomunikasi sehari-hari untuk mengungkapkan ekspresi dan keinginan. Berkomunikasi dan aktifitas menyimak adalah hal yang selalu dilakukan anak setiap hari. Banyak metode variatif dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak. Hasil pengamatan pada metode belajar di TK Miftahul Jannah melihat perkembangan bahasa menyimak belum optimal karena penggunaan metode yang kurang menarik minat anak untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini. Metode Penenlitian ini menggunakan penelitian Kualitiatif dengan jenis Studi Kasus disertai pendekatan Fenomenologis. Adapun instrument yang digunakan yaitu dengan Wawancara,Observasi, dan Dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap verifikasi. Kemampuan menyimak anak meningkat dilihat dari 20% anak Mulai Berkembang, lalu anak Berkembang Sangat Baik 60%, kemudian Berkembang Sangat Baik mencapai 20%. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa Implementasi Read Aloud dapat meningkatkan kemampuan menghafal doa sehari-hari Guru sebaiknya lebih memperhatikan tentang penggunaan metode, media, strategi, yang digunakan dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik anak sehingga anak mendapatkan stimulus yang sesuai guna meningkatkan kemampuan menyimak anak. Kata kunci: Implementasi read aloud, Kemampuan menyimak, Pendidikan Anak Usia Dini




