Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CILEDUG

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : GISNA NURUL AULIA
  • Identitas : 180651001
  • Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca dan Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Mmembaca Anak Kelompok B, serta Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif study kasus. Adapun metode tersebut yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kemampuan Membaca Anak di TK Aisyiyah Ciledug dalam membaca buku bacaan sudah baik, siswa antusias ketika guru menerapkan metode membaca dengan read aloud meskipun ada beberapa siswa yang masih mengeja dalam membaca tetapi jumlahnya tidak banyak. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Kelompok B di TK Aisyiyah Ciledug yaitu denganmenerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dapat dilihat dari guru memperlakukan siswa sesuai kemampuan membacanya. Faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan membaca yaitu buku bacaan, guru yang memotivasi siswa, dan siswa yang berkonsentrasi. Faktor penghambat nya yaitu siswa yang masih mengeja huruf dan kurang mengenal huruf. Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional