Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus PAUD Aisyiyah Samarang Garut)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : HILMI NUR ULFAH
  • Identitas : 180651024
  • Abstrak :

    Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting bagi seseorang karena pendidikan dasar bermanfaat untuk membentuk kepribadian manusia. Manusia mendapat pendidikan utama yaitu dari keluarga dan linkungan sekitarnya. Permasalahan yang didapat dilapangan adalah diamana guru kurang kreatif saat pembelajaran berlangsung dan kurang dalam penggunaan media yang melibatkan anak, hal ini menyebabkan anak juga kurang semangat saat pembelajaran. Model penelitian yang digunakan yaitu model kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui ke efektivan model discovery learning dalam meningkatkan proses pembelajaran sains. model discovery learning adalah model pembelajaran yang dapat membantu anak dalam membangun pengetahuan secara mandiri, model ini juga sering disebut dengan model penemuan dimana anak diberi kesempatan untuk mengembangkan proses pembelajaran sains secara mandiri. Proses pembelajaran sains digunakan untuk mengembangkan keterampilan anak yang lebih terarah. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning ini mampu meningkatkan keaktifan dan kreatifitas anak, dan mampu sedikit menghilangkan kejenuhan anak pada saat proses kegiatan berlangsung. Kata kunci : Model discovery learning, Proses Pembelajaran Sains

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional