Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



MENGEMBANGKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA BENANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NASYRUL ULUM GEGESIK-CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : IHDA AYU PUTRIANI
  • Identitas : 201651005
  • Abstrak :

    Penelitian kali ini mengambil judul Mengembangkan Kreatifitas Anak Melalui Permainan Warna Dengan Menggunakan Media Benang Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nasyrul Ulum Gegesik-Cirebon. Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil praobservasi yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kurang berkembangnya kreatifitas pada anak usia 5-6 tahun di TK Nasyrul Ulum. Hal ini dikarenakan media yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan kreatifitas masih Konvensional dan tidak menarik bagi anak. Pembuatan penelitian ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir S1 dan untuk mengembangkan kreatifitas anak melalui permainan warna dengan menggunakan media benang pada anak usia 5-6 tahun di TK Nasyrul Ulum Desa Jagapura. Penelitian ini mengambil jenis penelitian PTK atau penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam setiap siklusnya. Penelitian ini mengambil dua siklus dimana pada siklus I mengambil 5 tindakan dan pada siklus II peneliti mengambil 3 tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dan mengambil instrument penelitian berupa lembar observasi yang berbentuk daftar checklist dan dokumentasi hasil karya anak. adapun indikator yang di teliti peneliti adalah memahami kreatifitas melalui permainan warna, mengenal warna-warna cat air, menyebutkan warna-warna cat air, dan menampilkan kreatifitas dengan permainan warna menggunakan media benang. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika presentasi indikator mengembangkan kreatifitas permulaan pada anak telah mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media benang berhasil meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan kreatifitas pada anak. Hal ini terlihat dari peningkatan indikator pencapaian kemampuan pada anak untuk berkreatifitas yang diperoleh pada siklus II. Yakni peningkatan dari yang semula 58 % pada praobservasi menjadi 72% pada siklus I dan 97 % pada siklus II dan yang semula 40% meningkat menjadi 72% pada siklus I dan 85% pada siklus II adapun untuk indikator menampilkan kreatifitas anak dengan permainan warna menggunakan media benang dari yang semula 36% meningkat signifikan menjadi 75% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 85%.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional