![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN SAINS KELOMPOK A DI TK AL-BARKAH KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU
- Kategori : Skripsi
- Penulis : JUNIPERUS CHINENSIS LINN
- Identitas : 180651008
- Abstrak :
Hasil dari observasi lapangan Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada metode pembelajarannya yang tidak berpusat pada anak. peneliti menemukan bahwa Sebagian anak masih rendah dalam kemampuan kognitif padahal anak-anak memiliki ketertarikan yang tinggi akan lingkungannya serta beberapa anak aktif bertanya. Tujuan penelitin ini yaitu untuk (1) meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam dimensi belajar pemecahan masalah dengan tema pembelajaran sains menggunakan metode Guided Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak II silus dan Pengumpulan data dalam peneitian ini adalah data primer pada observasi yang dianaisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A sebanyak 22 anak. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal pada siklus I perkembangan kognitif anak mencapai 54% dengan kriteria Masih Berkembang (MB), pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 91% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSH). Serta hasil peningkatan kognitif pada siklus II dalam indikator mengenal benda berdasarkan fungsi mencapai 100% katagori berkembang sangat baik (BSH), indikator memiliki perilaku mencerminkan sikap ingin tahu mencapai 86% katagori berkembang sangat baik (BSH), indikator mengenal lingkungan alam mencapai 91% katagori berkembang sangat baik (BSH), indikator melakukan aktivitas bersifat eksploratif mencapai 91% katagori berkembang sangat baik (BSH) dan mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari mencapai 91% dengan katagori berkembang sangat baik (BSH). Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Metode Guided Discovery Learning




