Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK BUDHI TRESNA DESA PANCALANG KECAMATAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : MIA SUMIYATI
  • Identitas : 180651036
  • Abstrak :

    Berdasarkan latar belakang masalah diatas, masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Bagaimana gambaran awal keterampilan proses sains anak kelompok A di TK Budhi Tresna Desa Pancalang. Bagaimana pelaksanaan peningkatan keterampilan proses sains anak kelompok A di Tk Budhi Tresna Desa Pancalang. Bagaimana hasil upaya peningkatan keterampilan proses sains anak melalui metode eksperimen di TK Budhi Tresna Desa Pancalang. Tujuan Sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan maka tujuan penelitian ini yaitu sebagai berikut : Untuk gambaran awal keterampilan proses sains anak kelompok A di Tk Budhi Tresna Desa Pancalang. Untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan keterampilan proses sains anak kelompok A di TK Budhi Tresna Desa Pancalang. Untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan proses saind anak melalui metode eksperimen di TK Budhi Tresna Desa Pancalang. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas kegiatan pembelajaran sains melalui metode eksperimen di Tk Budhi Tresna Desa Pancalang ini kurang berkembang. Dari 8 anak ditemukan 6 siswa yang diantaranya belum mempunyai kemampuan keterampilan proses sains. Sebelum menggunakan metode eksperimen sebagai metode pembelajaran tingkat pencapaian keterampilan sains anak sebesar 50% dan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus II tingkat pencapaian kemampuan kognitif dengan metode eksperimen melalui kegiatan sains pada tema Alam Semesta sebesar 91%. Hasil pencapaian ini tentu saja sudah melampaui indikator keberhasilan yang diinginkan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen melalui kegiatan pengenalan sains pada tema Alam Semesta dapat meningkatkan keterampilan sains anak kelompok A di Tk Budhi Tresna Desa Pancalang. Berdasarkan hasil penelitian akhirnya penulis menyimpulkan ada beberapa hal yaitu : 1. Sebelum penggunaan metode eksperimen pada kelompok “A” TK Budhi Tresna Pancalang sangat rendah. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan pertama tahap survey, dengan melakukan observasi awal yaitu wawancara dan partisipan langsung dilapangandengananakdanguru.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional