![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS SOCIAL LEARNING THEORY TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RA TAMAN FIRDAUS TEGALSARI (Studi Kasus Di RA Taman Firdaus Tegalsari)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NIAH ARNIASIH
- Identitas : 201651008
- Abstrak :
Analisis Social Learning Theory Terhadap Implementasi Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Ra Taman Firdaus Tegalsari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa penerapan Social Learning Theory itu efektif bagi output pendidikan. Pentingnya pembiasaan pengajaran Bahasa Arab untuk mempermudah, memperjelas serta memperkuat pemahaman serta ingatan peserta didik terhadap apa yang telah diperolehnya, maka peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian menggunakkan analisis social learning theory untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Hal tersebut dianggap penting agar tujuan pembelajaran mufradat pada anak dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan motivasi Bahasa Arab anak usia dini di RA Taman Firdaus Kabupaten Cirebon dan bagaimana hasil belajar anak selama penggunaan pembiasaan pembelajaran Bahasa Arab dan yang terakhir untuk mengetahui perubahan perilaku belajar anak ketika sebelum menggunakan pembiasaan dan setelah diterapkannya pembiasaan pembelajaran Bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis sosial learning theory dalam pembelajaran Bahasa Arab anak dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak, dengan tanpa sadar pula penguasaan kosa kata Bahasa Arab anak bertambah. Karena penggunaan pembiasaan yang dilakukan dengan cara bernyanyi lagu-lagu yang menunjukkan kosa kata Bahasa Arab mampu meningkatkan semangat dan antusias anak dalam kegiatan pembelajaran. Adapun saran untuk sekolah yaitu lebih dimaksimalkan kembali program penggunaan pembiasaan pembelajaran Bahasa Arab anak dengan menambahkan inovasiinovasi terbaru yang dikuasai oleh guru. Tentu saja peranan guru sangat berpengaruh penting dalam hal tersebut, maka diperbantukan untuk lebih profesional dan lebih baik karena guru ialah role model untuk anak didiknya, agar dapat tercipta suasana belajar yang menyenangkan untuk anak. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Social Learning Theory.




