![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA SAKINAH AISYIYAH DESA CIBOGOR KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SILVI SITI QORI’AH
- Identitas : 180651046
- Abstrak :
Penelitian di RA Sakinah Aisyiyah dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran sains jarang dilaksanakan akibatnya perkembangan kognitif anak kurang maksimal terutama dalam hal sains karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga anak tidak bisa menjadi pembelajar aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen true exsperimental design berupa rancangan pretestposttest control group design. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu pembelajaran sains dan variabel dependen yaitu perkembangan kognitif. Subjek penelitian berjumlah 24 orang anak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) . Metode statistik menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan pengujian hipotesis statistik program SPSS 17.0 Windows. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh signifikan pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif dengan Sig. (2-tailed) 0.000<0.05 dan terdapat perbedaan pengaruh kelas kontrol Sig. (2-tailed) 0.024<0.05 dan kelas eksperimen 0.025<0.05. Dengan adanya penelitian ini, penulis berharap ada penelitian lebih lanjut dan mendalam mengenai pembelajaran sains yang lebih beragam dan menarik untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dalam sains. Kata kunci: Pembelajaran Sains, perkembangan Kognitif




