Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK (Studi Deskriptif Analitik Di SDN 1 Dukuhwidara Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Sri Eka Setiyani
  • Identitas : 160641335
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah yang berkaitan dengan motivasi belajar, karena masih ada beberapa anak (siswa) yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya lingkungan keluarga dalam memperhatikan kegiatan belajar anak disekolah maupun di rumah. Motivasi belajar anak sangat dipengaruhi oleh peran lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang baik dan ideal sebaiknya dapat berperan sebagai pendidik, pendorong, fasilitator, dan pembimbing. lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi anak, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapat didikan dan bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak di SDN 1 Dukuhwidara Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah anak (siswa), lingkungan keluarga, dan guru dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verivikasi. Berdasarkan data yang terkumpul kemudian dideskripsikan dan di analisis. Peran lingkungan keluarga yang mempengaruhi belajar dalam keluarga yaitu peran pendidik, peran fasilitator, peran pendorong dan peran pembimbing. Dalam lingkungan keluarga perhatian dan kasih sayang yang diberikan setiap keluarga pasti berbeda-beda antar keluarga yang satu dan keluarga yang lainnya. Lingkungan keluarga yang mendukung proses kegiatan belajar anak akan memberikan semangat sehingga dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada motivasi belajarnya. Secara umum, hasil penelitian ini peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak sangat efektif. Peningkatan Motivasi belajar setelah adanya peran lingkungan keluarga yaitu dari 30 anak (siswa), sebanyak 25 anak sudah mengalami peningkatan motivasi. Sedangkan 5 anak lainnya masih belum adanya peningkatan motivasi. Hal ini berarti menunjukan bahwa motivasi belajar anak sudah baik. Kata Kunci : Peran lingkungan keluarga, motivasi belajar

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional