![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B1 TK IT INSAN KAMIL CILENGKRANG GIRANG TAHUN AJARAN 2021/2022
- Kategori : Skripsi
- Penulis : SUKAESIH
- Identitas : 201651014
- Abstrak :
Dari hasil penilaian kegiatan kolase dengan menggunakan kertas lipat yang dilaksanakan pada hari selasa,17 Mei 2022 yang didapat kegiatan motorik halus anak dalam kegiatan belajar dikelas masih rendah, dari 19 anak yang mendapatkan bintang dua yang mulai muncul perkembangan motorik halus ada 6 anak, dan yang mendapatkan bintang tiga yang sudah muncul perkembangan motorik halus ada 7 anak, yang enam anak masih mendapatkan bintang 1. Perkembangan motorik halusnya masuih rendah dikarenakananak belum mampu membuat bentuk tempelan dari bahan kolase dari bahan kertas dan bahan alam, anak belum mampu menggunakan berbagai bahan kolase yang disediakan guru, anak belum mampu membuat hasil karya kolase sendiri tanpa bantuan guru dan temannya, anak belum mampu mengembangkan ide terhadap hasil karyanya secara luas. Motorik halus anak kelompok B1 TK IT Insan Kamil Cilengkrang Girang belum berkembang dengan optimal. Dari 19 anak di kelas ada 12 anak yang perkembangan motorik halus anak belum berkembang sangar baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kurt Lewin. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 19 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Obyek yang diteliti adalah perkembangan motorik halus anak. Pengumpulam data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas dan bahan alamyang memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi, memilih warna yang coco, bebas menggunting, menyobek, memotong, meremuk dan menggulung bahan sesuai keinginannya serta menggunakan alat yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal perkembangan motorik halus anak kelompok B1 sebesar 26,31%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 63,16% dengan menggunakan bahan kertas dan bahan alam, dan meningkat pada siklus II menjadi 78,95% masih menggunakan bahan kertas dan bahan alam. Hasil penelitian menunjikkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok B1 TK IT Insan Kamil Cilengkrang Girang tahun ajaran 2021/202.




