Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 3 PALIMANAN TIMUR

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : DELIA PUTRI ANJEL
  • Identitas : 190641125
  • Abstrak :

    Pada Observasi awal ditemukan bahwa di SDN 3 Paliaman Timur telah tersedia proses pembelajaran yang terbilang cukup. Proses pembelajaran tersebut sudah layak untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Namun masih ada beberapa siswa yang tidak memahami ketika guru menyampaikan materi pembelajaran, terutama di SDN 3 Palimanan Timur mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Aktivitas Guru dengan menggunakan media Big Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di SDN 3 Palimanan Timur, Untuk Mengetahui Aktivitas Belajar Siswa dengan menggunakan media Big Book, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kemampuan belajar Siswa Kelas IV Di SDN 3 Palimanan Timur, dan Untuk Mengetahui Hasil Belajar menggunakan media Big Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di SDN 3 Palimanan Timur. Adapun lokasi penelitian yang menjadi fokus utama dalam mengumpulkan data adalah SD Negeri 3 Palimanan Timur pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menyajikan instrumentinstrumen sebagai berikut, lembar wawancara guru, lembar observasi siswa, dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media belajar Big Book sebagai alat bantu pembelajaran dalam mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV. Big Book adalah buku berukuran besar yang menggabungkan teks yang jelas dan gambar yang menarik, dirancang untuk digunakan dalam pembelajaran individu maupun kelompok. Peneliti akan melaksanakan sesi pembelajaran akan mencakup topik yang relevan untuk siswa kelas IV. Demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan metode Big Book mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPAS tentang konsep mengubah bentuk energi. Melalui penerapan media Big Book, pemahaman siswa tentang konsep mengubah bentuk energi lebih cepat dibandingkan bila siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Disimpulkan bahwa penerapan metode Big Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep mengubah bentuk energi dikatakan berhasil. Kata Kunci : Pendidikan, Big Book, IPAS

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional