![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH TERAPI BERMAIN KOSA KATA TERHADAP KOMUNIKASI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI CIREBON USIA 6-12 TAHUN
- Kategori : Skripsi
- Penulis : DESIN
- Identitas : 190711053
- Abstrak :
Latar belakang : Prevalensi tunagrahita di Indonesia diperkirakan sekitar 6,6 juta orang. Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik di Indonesia juga pada tahun 2009 melaporkan bahwa 4.253 orang siswa tunagrahita yang terdaftar di sekolah luar biasa Indonesia. Sebagian besar komunikasi sosial anak tunagrahita hanya menunjukan kekampuaan bicara kosa katanya terbatas, sehingga menjadi sulit dalam proses berkomunikasi. Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain kosa kata terhadap komunikasi sosial anak tunagrahita di SLBN Cirebon usia 6-12 tahun. Metodologi :Desain penelitian yang digunakan ,dalam penelitian ini adalah preeksperiment design dengan jenis desain one group pretest–posttest.Preexperimental design. Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling , berjumlah 67 anak tunagrahita. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi komunikasi sosial. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas dan paried sample test.untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dalam penelitian. Hasil penelitian :Hasil penelitian meunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah dilakukan terapi bermain kosa kata dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Kesimpulan : Terapi bermain kosa kata berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata dan komunikasi sosial anak tunagrahita. Saran : Diharapkan terapi bermain kosa kata bisa dijadikan mata ajar atau terapi oleh para guru maupun terapis anak tunagrahita. Kata kunci : Terapi bermain, komunikasi sosial tunagrahita Kepustakaan :54 pustaka (2017-2023)




