![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PERAN HUMAS SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN CIREBON DALAM MENGELOLA ASPIRASI MASYARAKAT
- Kategori : Skripsi
- Penulis : Nabilah Vionita, S.IP
- Identitas : 200221007
- Abstrak :
Humas merupakan suatu alat memperlancar jalannya interaksi serta penyebaran informasi kepada khalayak dengan menggunakan berbagai media. Proses penyampaian informasi kepada masyarakat dengan menggunakan komunikasi yang baik dan efektif agar tercapai pemahaman kepada masyarakat. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui peran Humas DPRD Kabupaten Cirebon Dalam Mengelola Aspirasi Masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskkriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yang kemudian akan diiringi dengan teknik Snowball dalam memilih dan menentukan subjek penelitian teknik ini juga bermaksud untuk menggali informasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Lawrence D untuk mengetahui Peran Humas DPRD Kabupaten Cirebon Dalam Mengelola Aspirasi Masyarakat dapat dilihat dari Communicator, Relationship, Back Up Management, Good Image Marker. Begitupula teori Aspirasi Masyarakat yang dikemukakan oleh Marwati (2007:52) ada beberapa bentuk aspirasi masyarakat yaitu Aspirasi Dalam Bentuk Tulisan dan Apirasi Dalam Bentuk Lisan. Hasil penelitian Peran Humas DPRD Kabupaten Cirebon Dalam Mengelola Aspirasi Masyarakat yaitu pertama Communicator sudah berjalan dengan baik dalam indikator mengelola aspirasi masyarakat, mediator dan koordinasi dengan pimpinan. Kedua, Relationship sudah berjalan cukup baik dalam melakukan kerjasama dengan publik internal dan eksternal dan memberikan pelayanan publik. Ketiga, Back Up Management sudah berjalan dengan baik dala indikator pengarsipan dan dokumentasi kegiatan namun ada kendala yaitu sumberdaya manusia kurang memadai dan fasilitas. Keempat, Good Image Marker sudah berjalan cukup baik dalam indikator publikasi namun ada kendala dalam citra positif DPRD yaitu sumberdaya manusia yang melakukan kegiatan – kegiatan dan fasilitasi yang kurang. Adapun teori Aspirasi masyarakat yang dikemukakan oleh Marwati yaitu Pertama Aspirasi Dalam Bentuk Tulisan sudah berjalan dengan baik dalam indikator Surat aspirasi dalam menampung aspirasi namun ada kendala yaitu pegawai yang kurang disiplin waktu, kotak saran dalam hal ini tidak digunakan lagi karena menggunakan media sosial. Kedua, Aspirasi dalam bentuk lisan sudah berjalan dengan baik dalam indikator demonstrasi dan audiensi humas dprd sangat baik dalam merespon aspirasi masyarakat namun ada kendala yaitu ketika dewan tidak ada ditempat. Kata Kunci : Peran, Hubungan Masyarakat, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Cirebon




