Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI ENERGI DAN KEGUNAANNYA SD NEGERI KEPUNDUAN

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : ENDAH SUWARNI, S.Pd
  • Identitas : 221641027
  • Abstrak :

    Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas IV yang terdiri dari siswa-siswa yang berasal dari latar belakang yang beragam. Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selama pelaksanaan, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang masing-masing bertanggung jawab untuk mempelajari aspek-aspek tertentu tentang energi dan kegunaannya. Setiap anggota kelompok akan menjadi "ahli" dalam subtopik mereka dan kemudian berbagi pengetahuan dengan anggota kelompok lainnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang konsep energi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari- hari setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Selain itu, model ini juga memperkuat keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, komunikasi, dan tanggung jawab dalam tim. Kesimpulannya, penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang energi dan kegunaannya. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial siswa. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang kolaboratif dan interaktif dalam memperbaiki hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, IPA, energi, hasil Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas IV yang terdiri dari siswa-siswa yang berasal dari latar belakang yang beragam. Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selama pelaksanaan, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang masing-masing bertanggung jawab untuk mempelajari aspek-aspek tertentu tentang energi dan kegunaannya. Setiap anggota kelompok akan menjadi "ahli" dalam subtopik mereka dan kemudian berbagi pengetahuan dengan anggota kelompok lainnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang konsep energi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari- hari setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Selain itu, model ini juga memperkuat keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, komunikasi, dan tanggung jawab dalam tim. Kesimpulannya, penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang energi dan kegunaannya. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial siswa. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang kolaboratif dan interaktif dalam memperbaiki hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, IPA, energi,

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional