Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



Pengaruh kualitas layanan dan penanganan keluhan terhadap kepuasan santri pesantren bina insan mulia

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Wartono S.M
  • Identitas : 1901111161
  • Abstrak :

    Pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan agama Islam yang akan mencetak generasi Indonesia menjadi ulama’ besar, cendikiawan muslim dan juga generasi yang mempunyai karakter kebangsaan dan berakhlakul karimah. Pesantren Bina Insan Mulia atau sering disebut Pesantren Bima terletak di sebuah perkampungan yang jauh dari area kota. Tetapi dalam hal lain dalam kepuasan umum para santri Pesantren Bina Insan Mulia sangat dkhawatirkana karena sudah dalam 2 tahun terakhir ini menurun. Kualitas pelayanan yang ada di Pesantren Bina Insan Mulia terlihat membuat santri tidak puas menikmatinya, kurang nya fasilitas tempat olahraga yang pada umumnya menjadi kegemaran para santri seperti badminton, sepak bola dan bola voli. Penanganan keluhan yang diberikan oleh pengurus Pesantren Bina Insan Mulia kepada para santri nya akhir-akhir ini menurun dalam hal penyelesaian masalah yang diajukan santri, kesulitan akses dalam mengajukan keluhan, terlambat dalam problem solving dan keterbatasan santri untuk meng-explore skill nya. Tingkat kepuasan santri Pesantren Bina Insan Mulia akhir-akhir ini cenderung menurun, terdapat banyak keluhan, komplen dan laporan hal-hal yang kurang memuaskan bagi santri itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh antara Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Santri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Pondok Pesantren Bina Insan Mulia yang berjumlah 96 responden dengan menggunakan sampel jenuh. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder yang dikumpulkan melalui observasi,wawancara,dan kuesioner. Skala pengukuran dalam penelitian inimenggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Santri, Penanganan Keluhan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Santri, terdapat pengaruh antara Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan secara simultan terhadap Kepuasan Santri. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Penanganan Keluhan, Kepuasan Santri

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional