Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



SINERGRITAS LAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DESA DAN PUSKESOS TERHADAP MASYARAKAT DI DESA JEMARAS LOR KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : JUWAIR
  • Identitas : 200221053
  • Abstrak :

    Juwair NIM 200221053, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Sarjana S-1 Universitas Muhammadiyah Cirebon. Sinergritas Layanan Publik Pemerintah Desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial terhadap Masyarakat di Desa Jemaras Lor Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon, dengan Pembimbing Utama Agus Irfan S.Sos., M.Si. dan Dosen Pendamping Sastra Abijaya S.Sos., M.Si. Layanan publik merupakan aspek kursial dalam menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu keberhasilan pelayanan publik adalah dengan adanya tingkat sinergritas antara layanan yang di berikan pemerintah desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial yang memiliki peran dalam menangani masalah sosial dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah desa memiliki peran yang esensial dalam menyediakan layanan publik kepada masyarakatnya. Penelitian ini mengexplorasi sinergritas layanan publik antara pemerintah desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial terhadap masyarakat di Desa Jemaras Lor Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat sinergritas anatara layanan publik pemerintah desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial di Desa Jemaras Lor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang difokuskan pada Sinergritas Layanan Publik Pemerintah Desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial terhadap Masyarakat di Desa Jemaras Lor Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Perilaku Kerja Sama, Perilaku Belajar Inovatif, dan Intensitas Kerja. Informan penelitian terdiri dari 15 informan yaitu dari unsur Pemerintahan Desa, unsur BPD, unsur Pusat Kesejahteraan Sosial, RW, RT dan Tokoh Masyarakat. Peneliti mengambil data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berkaitan dengan 3 dimensi dan sudah diterapkan dengan baik, sehingga sinergritas layanan publik pemerintah desa dan Pusat Kesejahteraan Sosial berjalan dengan baik. Namun pada subfokus intensitas kerja tepatnya pada dimensi keaktifan kelompok yang tinggi yang mana dalam melakukan tugasnya Pusat Kesejahteraan Sosial lebih aktif dan efektif dibanding dengan pemerintah desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan. Kata Kunci: Sinergritas Layanan Publik, Pemerintah Desa, Pusat Kesejahteraan Sosial.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional