Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



IKLAN AUDIOVISUAL LAZADA BERTEMA PENGIRIMAN CEPAT DAN GRATIS ONGKIR VERSI ISYANA SARASVATI TAHUN 2022 (Analisis Semiotika John Fiske)

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Mohammad Agung Prasetyo, A.Md., S.I.Kom.
  • Identitas : 221211003
  • Abstrak :

    Penelitian ini menggambarkan pentingnya komunikasi persuasif dalam dunia bisnis, khususnya pada iklan marketplace. Dengan kemajuan teknologi media massa, masyarakat menjadi lebih kritis terhadap pesan yang disampaikan oleh iklan. Oleh karena itu, analisis semiotika berdasarkan teori John Fiske menjadi relevan untuk memahami bagaimana pesan iklan diproduksi dan diterima oleh audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan audiovisual Lazada bertema Pengiriman Cepat dan Gratis Ongkir versi Isyana Sarasvati tahun 2022 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika berdasarkan teori John Fiske. Tujuan penelitian adalah menjelaskan analisis semiotika level realitas, representasi, dan ideologi dalam iklan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa sumbangan teoritis dan praktis bagi penelitian di bidang analisis semiotika iklan marketplace serta memberikan wawasan tambahan bagi pembaca terkait analisis semiotika pada iklan marketplace. Hasil penelitian menunjukkan iklan ini mengandung tanda berupa audio dan visual. Kemudian tanda-tanda tersebut dikelompokkan sesuai dengan kode-kode dari John Fiske. Segala aspek yang terlihat dalam iklan termasuk ke dalam level realitas, seperti tema warna, busana, ekspresi, adegan, suara, dsb. Teknik produksi iklan ini termasuk dalam level representasi, seperti teknik pengambilan gambar, tata cahaya, tata busana, setting lokasi, properti, dsb. Adapun level ideologi dilihat dari kode- kode ideologi yang terdapat dalam iklan. Simpulan dari penelitian ini pada level realitas menampilkan gambaran pemrosesan pesanan dari gudang Lazada hingga kurir, menggunakan teknologi tinggi fiksi ilmiah, seperti robot dan transformasi, yang tidak realistis di dunia nyata. Pada level representasi, iklan dibuat seperti film fiksi ilmiah pahlawan super dengan teknik pengambilan gambar, busana, lokasi, dan properti khas genre tersebut. Pada level ideologi, iklan bertujuan meningkatkan citra kurir dan gudang Lazada, menanamkan ideologi konsumerisme melalui kecepatan pengiriman, gratis ongkir, dan kemudahan berbelanja. Kata Kunci: Iklan Audiovisual, Lazada, Analisis Semiotika, Teori John Fiske

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional