![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
- Kategori : Skripsi
- Penulis : ANIS SA’ADATURROHMAH
- Identitas : 190621013
- Abstrak :
Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang erat kaitannya dengan fisika atau biologi. Cakupannya sangat luas, meliputi seluruh alam dan segala isinya, baik yang hidup maupun tidak. Kimia organik dan kimia anorganik adalah 2 cabang utama kimia. Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat-sifat senyawa dan reaksi perubahan zat. “Memahami konsep dan prinsip kimia serta memiliki keterampilan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Sugiyono, 2014:114). Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model Predict Observe Expect (POE) untuk meningkatkan berpikir analitis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Nurul Fajri Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif pada siswa kelas X pada acara semester pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Data diperoleh dari 30 siswa pada kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Selain itu juga menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data. Implementasi model POE pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit pada kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata persentase aktivitas guru termasuk dalam kategori sangat baik dan aktivitas siswa juga termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Kimia; Sains; Berfikir Analitis;




