Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN PHET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Khaeriyah
  • Identitas : 221641025
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan memecahkan masalah pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEM-PBL materi rangkaian listrik seri dan paralel kelas VI SD, (2) mengetahui kelayakan LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEM-PBL, (3) mengetahui peningkatan keterampilan memecahkan masalah pada pembelajaran IPA khususnya materi rangkaian listrik seri dan paralel. Pengembangan LKPD bebrbantu PhET Simulation berbasis STEM-PBL menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Gamel. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, tes hasil belajar dengan uji rata-rata, uji ketuntasan klasikal, selain itu juga dilakukan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEM-PBL mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik seri dan paralel yang telah diuji kelayakan oleh ahli materi, media, guru kelas dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori sangat layak dengan rincian: (1) proses pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, penyebarluasan sehingga dihasilkan LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEM-PBL. (2) Berdasarkan hasil uji kelayakan LKPD tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEM-PBL sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi rangkaian listrik seri dan paralel. (3) Ketuntasan keterampilan memecahkan masalah sangat meningkat. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan LKPD berbantuan PhET Simulation berbasis STEMPBL mencapai peningkatan keterampilan memecahkan masalah pembelajaran IPA pada materi rangkaian listrik dapat memenuhi Standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kata kunci: Pengembangan Media, Research and Development (RnD), LKPD, Sekolah Dasar.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional