Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK DISGRAFIA DENGAN MENGGUNAKAN REWARD BINTANG PRESTASI DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEMPEK KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Husnul Khotimah
  • Identitas : 221641019
  • Abstrak :

    Masih banyak anak sekolah yang mengalami keterlambatan dalam menulis, baik di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ataupun di tingkat Sekolah Dasar (SD). Keadaan seperti ini, ditemukan oleh peneliti di kelas IV.A. Sebanyak 17 siswa menunjukkan beberapa gejala yang merujuk pada kelainan disgrafia. Disgrafia adalah keadaan anak yang mengalami kesulitan dalam menulis. Penelitian tindakan kelas ini akan menerapkan beberapa strategi menulis pada anak usia sekolah dan menambah media penilaian berupa stempel reward bintang prestasi. Dari beberapa tahapan tersebut, diperoleh hasil bahwa penggunaan stempel reward bintang prestasi ini sudah cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis anak disgrafia yang ada di kelas IV SDN 1 Kempek ini. Peningkatan kemampuan menulis anak disgrafia di kelas IV terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan. Sejumlah dari 12 anak disgrafia sudah mampu meningkatkan kemampuan menulis mereka. Selain itu, kegiatan wawancara pun dilakukan pada masing-masing anak tersebut. Dari wawancara ini juga didapat sebuah refleksi dari kegiatan penelitian tindakan kelas ini, berupa harapan mereka agar penggunaan stempel reward bintang prestasi ini terus dilanjutkan dalam menilai kemampuan menulis ke depannya, walaupun penelitian sudah selesai dilaksanakan. Kata Kunci: kemampuan menulis, disgrafia, reward, bintang prestasi, penelitian tindakan kelas

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional