![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DI KELAS V SD NEGERI KRAMAT III
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NURHAYATI
- Identitas : 221641018
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan motode peta pikiran (mind mapping), untuk mengetahui hasil kinerja guru dan peserta didik menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca menggunakan motode pembelajaran peta pikiran (mind mapping) pada peserta didik kelas V SDN Kramat III. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan motode peta pikiran (mind mapping) dalam pembelajaran membaca kelas V SD Negeri Kramat III dapat memudahkan peserta didik dalam menuliskan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan sehingga mengembangkan daya kreativitas mereka, hasil belajar membaca sebelum menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) sangat kurang dan belum memenuhi ketuntasan belajar klasikal serta penggunaan metode peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus sebesar 36,38%, meningkat pada siklus I menjadi 71,42% dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 89,29% Kata Kunci : Membaca, Metode Pembelajaran, Peta Pikiran (Mind Mapping)




