![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
ANALISIS PENERAPAN METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS 1 DI SD TAHFIDZUL QUR'AN AL HAWARY
- Kategori : Skripsi
- Penulis : PUTRI APRILLIA NUGRAHA
- Identitas : 221641039
- Abstrak :
ukung serta faktor penghambat penerapan metode tabarak dalam meningkatkan hafalan al-qur‟an pada siswa kelas 1 di Sekolah Tahfidzul Qur‟an Al Hawary. Sumber data penelitian adalah Kedua guru yang mengajar tahfidz kelas 1, kepala sekolah. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) proses pembalajaran metode tabarak dalam menghafalan al-qur‟an di Sekolah Tahfidzul Qur‟an Al Hawary memiliki buku pedoman khusus yang disusun oleh kamil el-Laboody. Pelaksanaannya dengan mentalqinkan anak bacaan al-qur‟an dan murojaah hhafalan dengan memperdengarkan murotaal yang memanfaatkan media elektronik (TV, Flashdisk, dan Speaker); 2) faktor pendukung yang ruangan sarana dan prasarana memadai, serta dukungan orang tua dalam menghafal alqur‟an; 3) faktor penghambat yaitu anak kurang fokus karena bermain dalam kelas, anak kurang mendengarkan, anak yang jarang hadir ke sekolah, kesibukan orang tua sehingga yang kurang terkontrolnya murojaah hafalan anak di rumah. Implikasi peneliti menunjukan bahwa pihak sekolah hendaknya mempertegas sistem peraturan pembelajaran anak-anak. Melakukan perbaikansistem terkait peraturan dalam proses pembelajaran untuk tegas terhadap anka-anak. Guru juga harus meningkatkan kemampuan dalam menangani anak dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik agar anak tidak bosen menghafal dalam ruagan kelas. Kata Kunci : Al-Qur‟an, Menghafal, Metode Tabarak




