Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS V DI UPTD SDN 1 TUGU

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : TIA RESTI OCTAVIANI
  • Identitas : 221641038
  • Abstrak :

    Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, siswa kurang dilibatkan secara aktif untuk menemukan sendiri pengetahuannya, siswa hanya menerima informasi dari guru dan mencatat sehingga kreatifitas siswa sangatlah terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan metode Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah seluruh siswa kelas V UPTD SDN 1 Tugu tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V UPTD SDN 1 Tugu. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir siklus I diperoleh persentase 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran sudah termasuk dalam kategori sangat baik dan siswa terlibat aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada materi IPA di sekolah dasar. Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional