![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV UPTD SDN 3 Jatisawit Lor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu pada Mata Pelajaran IPAS Materi Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia)
- Kategori : Skripsi
- Penulis : NAJMUDIN NUR
- Identitas : 221641020
- Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS Materi Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik kelas IV di UPTD SDN 3 Jatisawit Lor. Jenis Penelitian yang dilakukan oleh Peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV di UPTD SDN 3 Jatisawit Lor yang berjumlah 21 peserta didik, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi , serta analisis data. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 unsur yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan sangat signifikan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase nilai belajar peserta didik disetiap siklus dengan persentase pada siklus I sebesar 62 % serta pada siklus II sebesar 90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Hasil Belajar, Problem Based Learning, IPAS




