Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN CREATIVE SELF EFFICACY SKILLS TERHADAP PERILAKU KREATIF UMKM SEKTOR KULINER STUDI PADA UMKM KOTA CIREBON

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : Silvy Heriyanti
  • Identitas : 200111151 - Manajemen
  • Abstrak :

    Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Creative Self Efficacy Skills Terhadap Perilaku Kreatif UMKM Sektor Kuliner Kota Cirebon. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dari sampel yang berjumlah 72 responden dan data sekunder yang diperoleh dari sumber literatur. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang telah melewati pengujian validitas serta reabilitas dengan hasil data yang digunakan adalah valid dan reliabel. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Metode uji dibantu dengan SPSS versi 26 dengan menggunakan metode regresi linear berganda serta uji f dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi linier berganda yang terbentuk adalah Y = 8,039 + 0,210 x1 + 0,867 x2. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan secara parsial yakni uji t adalah 1) kemampuan literasi digital memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kreatif UMKM sektor kuliner 2) creatif self efficacy skills memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kreatif UMKM sektor kuliner. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan secara simultan yakni uji f didapatkan bahwa kemampuan literasi digital dan creative self efficacy skills memberikan pengaruh positif signifikan terhadap perilaku kreatif UMKM sektor kuliner. Persentase pengaruh yang diberikan oleh variabel independen yakni kemampuan literasi digital dan creative self efficacy skills terhadap variabel dependen yakni perilaku kreatif adalah sebesar 49,2% dan sisanya 50,8% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Digital, Creative Self Efficacy skills, Perilaku Kreatif.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional