Repository
Universitas Muhammadiyah Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



SYAFRI RIYADI, A.Md.M 231111003 "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT STUDI KASUS DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN CIREBON"

  • Kategori : Skripsi
  • Penulis : SYAFRI RIYADI
  • Identitas : 231111003 - Manajemen
  • Abstrak :

    Dalam penelitian ini terdapat variable X1 (Kualitas Pelayanan), X2 (Sarana dan Prasarana), Y (Kepuasan Masyarakat). Penelitian ini untuk dapat mengetahui: (1) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat (2) mengetahui pengaruh sarana prasrana terhadap kepuasan masyarakat (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang pernah menerima layanan pemadam kebakaran, penyelamatan serta edukasi kebakaran dengan jumlah 850 masyarakat. Teknik pengambilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus slovin, yaitu dengan jumlah 89 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Skala pegukuran dalam penelitian ini dalah dengan menggunakan skala likert. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan dari SPSS 30. Sedangkan pengajuan hipotesis menggunakan uji t dan juga uji f. hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi 0,01<0,05 dan variabel sarana prasrana berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi 0,01<0,05. Untuk hasil pengujian uji F dapat diperoleh Fhitung sebesar (43.966) > Ftabel (3,090) yang artinya kualitas pelayanan dan sarana prasarana secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat , dan diperoleh nilai R square sebesar 0,506 atau 50,6% yang berarti besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan sarana prasrana terhadap kepauasan masarakat sebesar 50,6% sedangkan 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Kepuasan Masyarakat

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional